Tips Sholat Khusyu’

Posted: July 31, 2011 in Islam
Tags:

Banyak dari kita yang masih belum bisa mencapai khusyu’ dalam sholat. Seringkali tiba-tiba pikiran melayang, entah mendadak terlintas masalah kerjaan, teman, pacar, istri, suami, anak, sepakbola, makanan, dan lain sebagainya. Jelas dalam keadaan seperti itu kita kehilangan fokus beribadah, padahal saat sholat kita sedang berkomunikasi dengan Allah. Ibarat kita sedang berdiskusi dengan atasan di kantor, tapi pikiran kita tidak fokus pada materi diskusi, tentu atasan kita akan marah bukan?

Menurut hemat saya, khusyu’ sholat adalah sempurnanya kadar kefokusan dalam menjalani tahapan-tahapan komunikasi dengan Allah, yang diterjemahkan dalam gerakan dan bacaan sholat. Berikut tips upaya bagaimana mencapai khusyu’ sholat:

Niat, Bangun niat yang positif sejak awal. Niatlah sholat hanya untuk Allah, hanya untuk mendapat ridho Allah, hanya untuk mendapat pertolongan Allah, hanya untuk memperoleh surga Allah. Bersihkan niat sholat hanya karena gengsi atau malu ketauan kalo kita tidak sholat, atau hanya untuk sekedar menggugurkan kewajiban. Niat ini bisa juga diartikan bahagianya kita menyambut pertemuan kita dengan Allah (saat sholat), seperti bahagianya kita saat akan bertemu kekasih.

Pahami arti bacaan sholat, Kita harus mengerti lalu meresapi tiap bacaan yang diucapkan. Misalnya saat memulai Al-Fatihah, bismillaahirrohmaanirrochiim, resapi juga artinya di dalam hati, ‘Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang’. Dan seterusnya. Saat kita menghayati, kita akan merasakan bahwa kita sedang benar-benar berbicara secara langsung di hadapan Allah.

Tenang, Jangan terburu-buru. Nikmati tiap bacaan dan gerakan dalam sholat. Misalnya saat gerakan sujud, rasakan bahwa kita sedang benar-benar sujud bersimpuh di hadapan Allah.

Sholat di awal waktu, Ini akan membuat sholat kita menjadi tenang, sehingga tidak diburu waktu.

Bayangkan Allah ada di hadapan kita, Pikirkan bahwa kita seolah sedang melihat Allah di hadapan kita, maka tiap bacaan sholat bisa langsung didengar Allah. Dan yang lebih pasti, Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Allah pasti benar-benar mengamati kita.

Mengingat kematian, Ingatlah kematian dalam shalatmu, karena apabila seseorang mengingat kematian dalam shalatnya, sudah pasti ia akan berusaha keras untuk menyempurnakan shalatnya. Dan, shalatlah kamu seperti shalatnya seseorang yang tidak membayangkan bahwa dirinya bisa mengerjakan shalat sesudah itu.” (As-silsilah Ash-Shahihah oleh Albani)

Kalau nonton sepakbola Indonesia vs Malaysia kita bisa fokus, mengapa kita kesulitan fokus saat sholat?? InsyaAllah kita pasti bisa.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s